PENDIDIKAN ISLAM DI MASA PANDEMI COVID-19
Kata Kunci:
Pandemi, pendidikan Islam, covid-19Abstrak
Aktiviatas pendidikan secara formal dilaksanakan dalam lingkungan sekolah
atau perguruan tinggi dilakukan secara tatap muka. Namun, seiring dengan
pandemi covid-19 pendidikan di ahlikan melalui pembelajaran jarak jauh
(daring). Pendidikan orientasi pemeliharaan peserta didik dengan penanaman
karakteritik dapat terlaksana melalui pembelajaran daring, kemudian
pembelajaran daring mengalami peningakatan selama pandemi covid-19,
karena semua lembaga terutama lembaga pendidikan menggunakan
pembelajaran melalui daring. Metode dalam peneltian ini menggunakan
metode deskriptif dengan memanfaatkan studi literatur kemudian di analisa
lalu disimpulkan, inti dari pendidikan Islam membawa peserta didik agar lebih
menanamkan nilai iman dan takwa dengan mendekatkan diri kepada Allah
SWT. Pendidikan Islam dilakukan selama pandemi covid -19 yang
dilaksanakan melalui daring dengan memanfaatkan teknologi informasi.
Referensi
Achmadi, 2008. Ideologi pendidikan Islam.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Darajat,Zakiah, 1982, Pendidikan Agama dalam pembinaan Mental.
Jakarta:Bulan Bintang
Halim, Abdul, 2002. Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis, Teoris dan
Praktis Jakarta: Ciputat Pers.
Hamdar Arraiyyah, 2018, Pendidikan Islam, Depok, Kencana
Hamza B.Uno dan Nina Lamatenggo, 2016, Landasan Pendidikan, Jakarta :
Bumi Aksara
.
H.M. Hasbullah, 2015. Kebijakan Pendidikan, Jakarta:Rajagrapindo persada.
H.M. Arifin,2006, Ilmu Pendidikan Islam-Tinjauan Teoritis dan Praktis
Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Cet.II,Jakarta: PT. Bumi
Aksara.
Musthofa Rahman, 2001, Pendidikan Islam dalam Perspektif Alquran,
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mujib Abdul dan Jusuf Mudzakkir, 2006, Ilmu Pendidikan Islam Jakarta:
Kencana.
Nata, Abuddin, 2016, Ilmu Pendidikan ISlam, Jakarta : Kencana.
Noer Aly, hery, 1996. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta:Logos Wacana Ilmu.
Sahrodi, Jamali, 2005, Membedah Nalar Pendidikan Islam, Pengantar Ke Arah
Ilmu Pendidikan Islam Yogyakarta: Pustaka Rihlah Group.
Samsul Nizar, 2013. Sejarah sosial dan Dinamika Intelektual Pendidikan Islam
di Nusantara. Jakarta: Kencana.
Tirtaraharja, umar, 2005, Pengantar Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta.