POTENSI PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF HADIST
Kata Kunci:
hadist, Perspektif, anak didik, PotensiAbstrak
Ditulisnya jurnal ini bertujuan untuk mengetahui jenis- jenis dan macam- macam dari potensi yang ada pada manusia, serta mengembangkan potensi manusia yang telah ada sejak lahir dengan seiring berjalannya waktu yang akan membuat mereka menyadari tentang potensi yang mereka miliki sesuai dengan ilmu dan kemampuan yang telah mereka kuasai. Didalam jurnal ini menggunakan metode yang meliputi jenis penelitian pustaka ( library research ) dan metode analisis data. Objek utama dalam penelitian pustaka ialah bahan-bahan pustaka yang meliputi dari sumber data primer, sekunder dan pendukung. Dari hasil penelitiam jurnal kami bahwasanya manusia terlahir di dunia dengan fitrahnya, lalu kemudian mereka menyadari potensi yang mereka miliki dengan seiring berjalannya waktu yang menjadikan potensi mereka berkembang dengan ilmu pengetahuan. Potensi manusia itu ialah sebuah keyakinan mentauhidkan allah, potensi bakat manusia dan daya fikir. Pendidikan sangat penting dalam mengembangkan potensi manusia,agar mereka menyadari bahwasannya ilmu yang mereka kuasai akan menjadikan mereka manusia yang memiliki potensi yang berguna bagi dirinya dan orang lain.
Referensi
Nadwa. “Hadist-Hadist Tentang Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Islam Vol.8, No.1. ( 2014). http://journal.walisongo.ac.id/index.php/nadwa
Rahman, Abdul. “ Potensi Manusia: Qalbu, Bashar, Sama’ dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Ilmiah Keislaman, Vol.1 No.1 (2023) https://doi.org/10.46781/baitul_hikmah.v1i1.722
Pauzi,H.Hikmatulloh dan Syukri. Hadist-Hadist Pendidikan. Pekanbaru: CV. Cahaya Firdaus, 2023
Royani, Amroh Lubis dan Taufik Helmi “ Konsep Pendidikan Imam Al-Ghazali dan Relevensinya dengan Sistem Pendidikan Karakter di Indonesia,” Jurnal Ilmiah Keislaman Vol.1, No.1 (2023): https://doi.org/10.46781/baitul_hikmah.v1i1.750.