Peran Kepala Sekolah dan Guru dalam Memotivasi Baca Al-Qur'an Siswa Sekolah Dasar
Kata Kunci:
kepala sekolah, guru, motivasi, membaca Al-Qur'anAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran kepala sekolah dan guru dalam memotivasi baca Al-Qur’an siswa di Sekolah Dasar. Karena masih banyak dapat ditemukan siswa Sekolah Dasar yang belum lancar membaca Al-Qur’an. Pendidikan memainkan peran penting dalam membentuk peradaban manusia, termasuk dalam aspek spiritual, seperti kemampuan membaca Al-Qur’an sesuai dengan makhraj dan tajwid. Penelitian ini menggunakan pendekatan library research (Penelitian Kepustakaan) dengan metode menggali peran strategis kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memiliki peran penting sebagai pemimpin lembaga pendidikan dalam merancang kebijakan dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Guru, sebagai pendidik profesional, bertugas merancang strategi pembelajaran yang efektif, membimbing siswa, dan memberikan motivasi belajar. Motivasi belajar, sebagai kekuatan internal dan eksternal, terbukti berpengaruh dalam meningkatkan antusiasme siswa untuk belajar membaca Al-Qur’an. Kesimpulannya, sinergi antara kepala sekolah dan guru sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran membaca Al-Qur’an di tingkat sekolah dasar
Referensi
Angga dan Sofyan Iskandar, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar, (Universitas Pendidikan Indonesia: 2022), Jurnal Basicedu Volume 6 Nomor 3, https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2918/pdf.
Ayok Ariyanto dan ulistyorini, Konsep motivasi dasar dan aplikasi dalam lembaga pendidikan Islam, AL-ASASIYYA: Journal Basic Of Education, Volume 4 Nomor 2 Tahun 2020. https://journal.umpo.ac.id/index.php/al-asasiyya/article/view/2333/1421.
Kadar M. Yusuf, Tafsir Tarbawi: Pesan-Pesan Al-Qur’an Tentang Pendidikan, (Jakarta: Amzah, 2021),
Mohamad Muspawi, Strategi Menjadi Kepala Sekolah Profesional, (Universitas Jambi: 2020), Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, Volumer 20 Nomor 2, http://ji.unbari.ac.id/index.php/ilmiah/article/view/938/679.
Muh. Wajedi Ma’ruf dan Riyo Asmin Syaifin, Strategi Pengembangan Profesi Guru dalam Mewujudkan Suasana Pembelajaran yang Efektif, (UI Makassar&STAI DDI Mangkoso: 2022), Al-Musannif: Jurnal Pendidikan Islam dan Keguruan, Volume 3 Nomor 1, https://jurnal.mtsddicilellang.sch.id/index.php/al-musannif.
Muhammad Hanafi, Pengaruh Penggunaan Media Sosial Facebook terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa FISIP Universitas Riau, JOM FISIP Volume 3 Nomor 2 Tahun 2016, hlm. 6. https://media.neliti.com/media/publications/115811-ID-none.pdf.
Muhammad Harmendi, Bukman Lian dan Ratu Wardarita, Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru, (Universitas PGRI Palembang: 2021), PRODU: Prokurasi Edukasi-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Volume 2 Nomor 2, https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/produ/article/view/2589/1678.
Muhammad Ridho, Teori Motivasi McClelland dan Implikasinya dalam Pembelajaran PAI, PALAPA : Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, Volume 8 Nomor 1 Tahun 2020. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/palapa.
Muhammad Syaifullah, Humayrani Siregar, Mawaddah, Rahma Dita, dan Siti Rodina Aisah Siregar, Analisis Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an pada Siswa Kelas V MI/SD, Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 6 Nomor 2 Tahun 2022, ttps://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4256/3556.
Muhammad Yaumi, Media & Teknologi Pembelajaran, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2022),
Nur Illahi, Peranan Guru Profesional dalam Peningkatan Prestasi Siswa dan Mutu Pendidikan di Era Milenial, (STAI Asy-Syukriyyah Tangerang: 2020), Volume 21 Nomor 1, https://jurnal.asy-syukriyyah.ac.id/index.php/Asy-Syukriyyah/article/view/94.
Siti Julaiha, Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah, (IAIN Samarinda: 2019), Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 6 Nomor 3, https://journal.uinsi.ac.id/index.php/Tarbiyawat/article/view/1734/832.
Siti Nurzannah, Peran Guru Dalam Pembelajaran, (MIN 2 Deli Serdang: 2022), ALACRITY : Journal Of Education, Volume 2 Nomor 3, http://lpppipublishing.com/index.php/alacrity.
Yusnaili Budianti, Zaini Dahlan dan Muhammad Ilyas Sipahutar, Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam, (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara: 2022), Jurnal Basicedu, Volume 6 Nomor 2, https://jbasic.org/index.php/basicedu