Peningkatan Mutu Pendidikan berbasis Kearifan Lokal di Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau.

Penulis

  • Syukron Darsyah STAI Nurul Hidayah Selatpanjang
  • Chanifudin Chanifudin IAIN Bengkalis, Riau, Indonesia
  • Hikmah Hikmah STAI Nurul Hidayah Selatpanjang, Kepulauan Meranti, Riau, Indonesia

Kata Kunci:

Meranti Islands, Quality of Education, Local Wisdom

Abstrak

Abstrak

 

Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Riau yang terletak di wilayah perbatasan Negara. Sebagai salah satu Kabupaten yang mempunyai potensi Sumber Daya Manusia yang cukup tinggi, maka peningkatan mutu pendidikan merupakan hal yang sangat penting. Tulisan ini bertujuan untuk menawarkan gagasan dan konsep tentang peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Kepulauan Meranti berbasis kearifan lokal. Hal tersebut diharapkan dapat menjawab berbagai persoalan-persoalan yang ada dalam pendidikan di Kabupaten Kepulauan Meranti. Peningkatan mutu pendidikan berbasis kearifan lokal merupakan peningkatan mutu pendidikan dengan mengedepankan pada pandangan hidup, pengetahuan yang berbasis pada pandangan hidup masyarakat setempat guna menjawab tantangan atau persoalan yang ada. Tulisan ini bersifat deskriptif-analitis dan menggunakan  metode  dokumentasi untuk mengumpulkan data-data  yang berkaitan dengan topik pembahasan. Proses pengumpulan  data  dilakukan  dengan  membaca, mencatat, lalu mendeskripsikan dan menyusunnya secara sistematis. Sedangkan tekhnik analisa yang digunakan adalah analisis isi (content analisis) dan konsep. Penulis menyimpulkan bahwa kearifan lokal merupakan hal yang sangat penting untuk menjadi landasan dalam pengelolaan pendidikan di Kabupaten Kepulauan Meranti dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan yang berkualitas. Penulis juga menawarkan gagasan bahwa pengembangan dan pemanfaatan potensi yaitu potensi Manusiawi, potensi Agama, Potensi Budaya dan Potensi Alam harus terus diinternalisasikan dalam system pengelolaan pendidikan di Kabupaten Kepulauan Meranti.

 

Kata Kunci : Mutu Pendidikan, Kearifan Lokal, Kepulauan Meranti

Referensi

DAFTAR KEPUSTAKAAN

Muhaimin, Rekonstruksi Pendididkan Islam : Dari paradigma pengembangan, manajemen kelembagaan, kurikulum hingga strategi pembelajaran. (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013). Hlm. 2-3

M. Hasbi, Konsep tauhid sebagai solusi problematika Pendidikan Agama bagi siswa Madrasah, INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 14. No. 2. 2009. 289 – 319.

Rusi Rusmiati Aliyyah dan Djuanda, Peran akreditasi Sekolah dalam upaya meningkatkan mutu Pendidikan di Sumatera Selatan, No. Juli. 2021.

Rendra Sakbana Kusuma, Peran sentral kearifan lokal dalam peningkatan kualitas pendidikan, Jurnal Pedagogik 05 No. 02, 2018. 28-39.

Sururi, Pengaruh Akreditasi sekolah terhadap pemingkatan mutu pendidikan di SMK se Kota Bandung. Jurnal Administrasi Pendidikan, 9 Nomor 2. 2008. 1-8.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan”. (n.d).

Wagiran, Pengembangan Model Pendidikan Kearifan Lokal dalam mendukung Visi Pembangunan Provinsi Daerah Istimewa Jogjakarta 2020 (Tahun Kedua). Jurnal Penelitian dan Pengembangan Nomor 3, 2011. 85-100

Diterbitkan

01-06-2022

Terbitan

Bagian

Article

Kategori