PENGUPAYAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK SIKAP PRIBADI YANG BAIK
Kata Kunci:
Pembelajaran, Pribadi yang Baik, Pendidikan Agama Islam, Para PelajarAbstrak
Penelitian yang akan penulis bahas kali ini yaitu tentang pengupayaan pendidikan agama Islam untuk membentuk sikap kepribadian yang baik pada para pelajar dan para remaja. Penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu: penelitian kualitatif. Sedangkan pendekatan yang digunakan yaitu memakai interdisipliner. Sumber data yang primer pada penelitian kali ini yaitu para pengajar pendidikan agama Islam. Sumber data kedua pada penelitian ini yaitu data dari profil sekolah, teori yang berhubungan dengan kerangka metode pembelajaran, konsep pendidikan agama Islam, dan teori pembentukan sikap pribadi yang baik. Teknik pengumpulan datanya dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ditentukan yaitu upaya pembelajaran pendidikan agama Islam dalam pembentukan sikap pribadi yang baik untuk para pelajar memakai dua metode pembelajaran langsung dan tidak langsung.
Referensi
Ahmadi. Abu dan Salimi, Noor. (2004). Dasar-dasar Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Alwisol. (2007). Psikologi Kepribadian. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Arifin. (2000). Kapita Selekta Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara.
Al-Banjari, Rahmat Ramadhani. (2008). Membaca Kepribadian Muslim Seperti Membaca Al-Qur’an. Yogyakarta: Diva Press.
Barowi, dan Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Renika Cipta.
Darajat, Zakiyah. (1996). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.
Depdiknas. (2003). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan dan Kebudayaan.
Djamarah, Syaiful Bahri, dan Zain, Azwan. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Renika Cipta.
Hamalik, Oemar. (2002). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hartati, Nely. (2004). Islam dan Psikologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Hidayat, Dede Rahmat. (2011). Psikologi Kepribadian dalam Konseling. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Ihsan, Hamdani dan Ihsan Fuad. (2001). Filsafat Pendidikan Islam. Cet. II revisi. Bandung: Pustaka Setia.
Jalaluddin. (1996). Psikologi Agama. Cet. I. Jakarta: Grafindo Persada.
Khobir, Abdul. (2007). Filsafat Pendidikan Islam. Pekalongan: STAIN Pekalongan Press.
Lubis, Mawardi. (2008). Evaluasi Pendidikan Nilai. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Malik, M. Abduh, dkk. (2009). Pengembangan Kepribadian Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Departemen Agama.
Mudhafir, Fadhlan. (2000). Krisis dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Al-Mawardi Prima.
Mujib, Abdul. (2007). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mustahu. (2004). Menata Uang Pemikiran Sistem Pendidikan. Yogyakarta: S.1. Press.
Ramayulis, M. (2002). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Rasyid, Harun. (2000). Metode Penelitian Kualitatif Bidang Ilmu Sosial dan Agama. Pontianak: STAIN Pontianak.
Sagala, Syaiful. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Tohirin. (2005). Psikologi Pembelajaran PAI. Jakarta: PT. RajaGrafindo.