PERAN PENDIDIK DALAM MENGEMBANGKAN FITRAH PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 SUNGAI APIT

Penulis

  • Isnaini Septemiarti STAI Nurul Hidayah Selatpanjang
  • Munzir Hitami UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Kadar M. Yusuf UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Kata Kunci:

Peran Pendidik, Fitrah, Strategi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran pendidik dalam mengembangkan fitrah peserta didik sebagai manusia yang telah dibekali Allah dengan potensi-potensi sebagai bawaan dasar setiap manusia. Dengan adanya kebiasan-kebiasan yang telah diterapkan pendidik dengan melibatkan kegiatan formal maupun non formal dalam urusannya diharapakan peserta didik dapat mebawa fitrah dengan tujuan berlomba-lomba dalam kebaikan untuk mencari Ridho-Nya. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sedangkan penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti memperoleh kesimpulan: pertama, pendidik adalah orang-orang yang bertanggung jawab terhadap perkembangan peserta didiknya dengan ini peran pendidik diantaranya adalah sebagai pengajar, guru sebagai pembimbing, guru sebagai pelatih dan guru sebagai motivator. Kedua: langkah dan strategi pengembangan fitrah peserta didik melalui kegiatan-kegiatan yang ekstrakurikuler yang mendukung berkembangnya potensi dan bakat yang dimiliki oleh anak didik.

Referensi

Abuddin Nata, Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011

Ahmad Mubarok, Jiwa dAlam Alquran, Jakarta: Paramadina, 2000.

A. Susanto, Pemikiran Pendidikan Islam, Jakarta: Amzah, 2010.

A.W. Munawwir, Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia, Surabaya: Penerbit Pustaka Progresif. 1984.

Atabik Ali, Ahmad Zuhdi Muhdlor, Kamus Kontemporer Arab-Indonesia, Yogyakarta: Multi Karya Grafika, 2003.

Bahri, A. S., Pengantar Penelitian Pendidikan (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis), Bandung: Widina Bhakti Persada, 2021.

Zakiyah Dradjat, cet 2 Jakarta: Ruhama, 1995.

Gulpāygānī, D. ‘Alī R.. Discursive Theology, Volume 1, 1st ed. AlMustafa International College. 2013.

Hasan Basri, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2009.

Ibn al-Aṡir, al-Nihāyah fī Gharīb al-hadīṡ, Beirut: Dār Iḥyā al-Turāṡ al-‘Arabī. tt.

Ibnu Hajar al-Asqalani, Fathul Barri (Penjelasan Kitab Shahih al-Bukhari). Terj. Amiruddin, Jilid XXIII, Jakarta: Pustaka Azzam, 2008.

Ibnu Mazhur, Lisan Al-Arabiy, Jilid V, Beirut: Dar Al-Tarats Al-Arabiy, 1992

Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1997.

Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Tafsirnya, Jakarta: Lentera Abadi, 2010

M. Mualimin, Konsep Fitrah Manusia Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 2017. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.21 30

Muhaimin, dkk., Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Muḥammad Fu’ād ‘Abd al- Bāqī, al-Mu’jam al-Mufahras li Alfāẓ alQur’ān al-Karīm, Beirut: Dār Iḥyā al-Turāṡ al-‘Arabī, tt.

Muḥammad bin Abī Bakar bin ‘Abd al-Qadīr al-Rāzī, Mukhtār alṢiḥāḥ, Beirut: Maktabah Lubnān, 1986.

Mujahid, “Konsep Fitrah dalam Islam dan Impilkasinya terhadap Pendidikan Islam”, Jurnal Pendidikan Islam, vol. 2, no. 1, 2005, hh. 23-40

Muhubbin Syah, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014

Nāṣir al-Dīn al- Maṭarrazi, alMughrib fi Tartīb al-Ma’rib, Aleppo: Maktabah Usāmah bin Zaid. Tt.

Nurhikmah, dkk, Implementasi Pendidikan Berbasis Fitrah Manusia dalam Penanaman Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini di Tk Islam El-Qalam Pamulang, JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (2614-8854) Volume 5, Nomor 2, Februari 2022 (492-498)

Quraiys Shihab, Wawasan al-Qur’an. Jakarta: Mizan, 2007.

Quraish Shihab, Tafsir Alquran Al-Karim, Bandung: Pustaka Hidayah, 1997.

Raharjo, Susilo dan Gunanto, Pemahaman Individu Teknik Nontes, Jakarta: Kencana Penada Media, 2013.

Hasil, P., Siswa, B., Dasar, S., Model, M., Global, M. T., Guru, P., Pelaksanaan, T., Manajerial, F., & Sekolah, K. (2017). Jurnal 2549-4139 2549-4120. 2(2).

Samsulbassar, A., & Eq, N. A. (2020). Implikasi Konsep Fitrah dalam Islam dan Tujuan Pendidikan Nasional. 5, 49–56. https://doi.org/10.35316/jpii.v5i1.229

Alfurqan, Harmonedi, JURNAL EDUCATIVE: Journal of Educational Studies, Vol 2, No 2, Juli – Desember 2017.

Unduhan

Diterbitkan

01-07-2023

Terbitan

Bagian

Article

Kategori