ANALISIS KEMAMPUAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDEKATAN SISTEM DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Penulis

  • Septemiarti Septemiarti STAI Nurul Hidayah Selatpanjang

Kata Kunci:

Pendekatan Sistem, RPP, Guru PAI

Abstrak

Tujuan penellitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan guru Pendidikan Agama Islam mengimplementasikan pendekatan sistem dalam menyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran di SMP Negeri se-Kecamatan Sungai Apit dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan prosentase. Dari penelitian ini dapat dilihat bahwa kemampuan guru PAI di SMP Negeri se Kecamatan Sungai Apit cukup mampu dalam mengimplementasikan pendekatan sistem dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yakni 64,25%  yang berada pada rentangan cukup mampu 61-75. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi guru PAI di SMP Negeri se-Kecamatan Sungai Apit mengimplementasikan pendekatan sistem dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yakni faktor guru, faktor siswa, faktor sarana, alat dan media, serta faktor lingkungan

Referensi

Arikunto, Suharsimi, prosedur Penelitian suatu Pendekata Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Badan Standar Nasional Pendidikan, Peraturan Menteri Pendidikan RI No. 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta, 2007.

Dalyono, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2007.

Danim, Sudarwan, Menjadi Peneliti Kualitatif, Bandung: Pustaka Setia, 2002.

Departemen Agama Islam RI Dirjen Pendidikan Islam, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Depag RI, 2006.

Depdikbud, Materi Dasar Pendidikan Program Akta V, Buku III C Program Instruksional, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Dirjen Dikti, 1984.

Faisal, Sanapiah, Penelitian Kualitatif Dasar-Dasar dan Aplikasi, Malang, Y A 3, 1990.

Moelong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Jakarta: Remaja Rosda Karya, 2004.

Mudhoffir, Teknologi Instruksional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1993.

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Diterbitkan

31-07-2020

Terbitan

Bagian

Article

Kategori