DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA GEN Z PADA KELAS XII SMA NEGERI 1 KOTO KAMPAR HULU

Authors

  • Darmawati Darmawati Ilmu Komunikasi UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Siti Aisyah Ilmu Komunikasi UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Keywords:

Media Sosial, Prestasi Belajar

Abstract

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Prestasi belajar merupakan indicator keberhasilan dalam proses pendidikan, baik di sekolah maupun perguruan tinggi, yang biasanya diwujudkan dalam bentuk angka atau skor. Tujuan dari pnelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar siswa Gen Z pada kelas XII SMA Negeri 1 Koto Kampar Hulu dengan menggunakan metode kuantitatif dengan uji regresi linier sederhana sebagai landasannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh media sosial terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Koto Kampar Hulu. Hasil ini diperoleh dari Uji Hipotesis, diketahui bahwa perolehan nilai thitung dan ttabel, yaitu 0,305 < 2,048, maka Ha ditolak dan Ho diterima. Kemudian dilihat dari tabel Coefficients dapat dilihat angka yang diperoleh untuk Sig 0,762 > 0,05, maka dapat dinilai bahwa penggunaan media sosial tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Koto Kampar Hulu.

References

Agustiah, D., Fauzi, T., & Ramadhani, E. (2020). Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Belajar Siswa. ISLAMIC COUNSELING Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 181. https://doi.org/10.29240/jbk.v4i2.1935

Anggraini, R., & Ubidia, A. T. (2024). Hubungan Media Sosial Tiktok terhadap Minat Belajar Mahasiswa. ISTISYFA: Journal of Islamic Guidance and Counseling, 1(3), 128–140. https://doi.org/10.29300/istisyfa.v1i3.2421

Anisa, & Ernawati. (2020). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI DI KOTA MAKASSAR. Jurnal Kependidikan Media, 3(3), 107–119. https://doi.org/10.26618/jkm.v11i3.9405

Annisa, R. N. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tiktok dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Griya Bandung Indah. Cognoscere: Jurnal Komunikasi Dan Media Pendidikan, 6(1), 1–6. https://doi.org/10.61292/cognoscere.v1i1.19

Asmal, M., & Akbar, T. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 4(3), 10. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i3.433

Cahyono, A. S. (2021). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT DI INDONESIA. Jurnal Publiciana, 9(1), 140–157. https://journal.unita.ac.id/index.php/publiciana/article/view/79

Esia, E., Jannah, M., & Simahbengi, A. (2024). Pengaruh media sosial terhadap prestasi mahasiswa Umuslim. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 7. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.767

Esto, E., Daud H., M., & Ilyas. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK JURUSAN IPA SMAN I TALIBURA. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 239–249. https://doi.org/10.33822/jep.v6i2.5849

Gerungan, N., & Tatuhe, N. K. (2023). Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Nutrix Journal, 7(1), 35. https://doi.org/10.37771/nj.v7i1.928

Hadisti, S., & Rahmat, T. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Prestasi ‎Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 2‎ Payakumbuh. Journal of Educational Management and Strategy, 2(1), 01–10. https://doi.org/10.57255/jemast.v2i1.228

Kusuma, R. C. S. D. (2020). Dampak Media Sosial dalam Gaya Hidup Sosial. Jurnal Efisiensi-Kajian Ilmu Administrasi, 17(1), 15–33.

Mendoza, D. M., Hutajulu, O. Y., Lubis, A. R., Rahmadani, R., & Putri, T. T. A. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM PENDIDIKAN TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 15(3), 10. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i3.433

Monanda, R. (2017). PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @AWKARIN TERHADAP GAYA HIDUP HEDONIS DI KALANGAN FOLLOWERS REMAJA. Jurnal Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politk, 4(2), 4.

Nadeak, B., Juwita, C. P., Sormin, E., & Naibaho, L. (2020). Hubungan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan penggunaan media sosial terhadap capaian pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(2), 98–104. https://doi.org/10.29210/146600

Najamuddin, N., Negara, H. R. P., Ramdhani, D., & Nurman, M. (2019). Sosial Media Dan Prestasi Belajar: Studi Hubungan Penggunaan Facebook Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Tatsqif, 17(1), 70–86. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.296

Rabaani, S., & Indriyani, D. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i3.433

Rochman, M. A. N., Sabandi, M., & Octoria, D. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DIMEDIASI MOTIVASI Muhammad. 11(3), 254–262.

Rustamana, A., Wahyuningsi, P., Azka, M. F., & Wahyu, P. (2024). PENELITIAN METODE KUANTITATIF Agus. Cendekia Pendidikan, 5(1), 1–13. https://ejournal.warunayama.org/index.php/sindorocendikiapendidikan/article/view/769

Syifa, S. F., Nur Istirohmah, A., Lestari, P., & Nur Azizah, M. (2023). Dampak Penggunaan Media Sosial terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 5(1), 21–27. https://doi.org/10.52005/belaindika.v5i1.100

Wibowo, A., & Febrianto, R. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Dan Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Stmik Sinar Nusantara. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIKomSiN), 8(1). https://doi.org/10.30646/tikomsin.v8i1.484

Zuliani, R., Luthfiyah, L., & Mustikawati, R. (2023). Dampak Media Sosial terhadap Prestasi Belajar pada Peserta Didik. Masaliq, 3(5), 790–800. https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i5.1376

Downloads

Published

2024-12-20

Issue

Section

Article

Categories