PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL ULUM TANJUNGPINANG
Keywords:
supervisi akademik kepala madrasah, kompetensi profesional guruAbstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui supervisi akademik kepala Madrasah di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Tnjungpinang Untuk mengetahui kompetensi profesional guru di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Tanjungpinang, Untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik kepala Madrasah terhadap kompetensi profesional guru di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Tanjungpinang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, angket, dan dokumentasi, dan pengolahan data menggunakan rumus persentase dan spearman (Rho) dengan bantuan SPSS 22. Hasil dari penelelitian ini yang berjudul pengaruh Supervisi Akademik Kepala madrasah Terhadap Kompetensi Profesional Guru di Madarsah Aliyah Miftahul Ulum Tanjungpinang dapat dikategorikan Baik yaitu mencapai 73,78 % berada pada rentang nilai 60 %-80 %. Kompetensi Profesional Guru madrasah juga dalam kategori baik dengan nilai mencapai 72,3 %. Berada dikisaran 60% - 80%. Terdapat pengaruh yang signifikan antara Supervisi Akademik Kepala Madrasah terhadap Kompetensi Profesional Guru di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum sebesar 0,665 maka pearson correlation tersebut berada pada 0,40 – 0,69 sehingga bisa dinyatakan bahwa pengaruh variabel X terhadap variabel Y berkorelasi Cukup atau sedang tetapi signifikansi sebesar 0,050 berarti 0,000 ≤ 0,050 Sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X terhadap Variabel Y. Besaran pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 44%. Sedangkan sisanya sbesar 56% dipengaruhi oleh variable lain diluar variabel yang tidak diteliti
References
A Piet dan Sahertian, Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Renika Cipta.
Arikunto Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakter. Jakarta: Bina Aksara.
Arikunto Suharsimi, 1994. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto, 2011. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmin Sudarman, Inovasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Diat Lantip Prasojo dan Sudiyono, 2015. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.
Duwi Priyatno, SPSS Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa dan Umum. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2018.
Hardi Tambunan, 2021. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Penerbit Jiwa Sains Indonesia.
Hamalik Oemar, 2018. Pendidikan Guru. Jakarta: Bumi Aksara.
Mudlofir Ali, 2012. Pendidik Profesional (Konsep, Strategi Aplikasinya Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Indonesia),Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
J.S Babadu dan Zain, 2001. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Karwati Euis dan Donni Juni Priansa, 2013. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.
Kunandar, 2011. Guru Professional. Jakarta: Rajawali pers.
Munirah, 2022. Menjadi Guru Beretika Dan Profesional. Padang: Insan Cendikia Mandiri.
Mudlofir Ali, 2012. Pendidik Profesional (Konsep, Strategi Aplikasinya Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Indonesia). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Pidarta Made, 1992. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ramayulis, 2013. Profesi Dan Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia.
Soetopo Hendiyat dan Wasty Soemanto, 1988. Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
Soemanto, 1987. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Bandung: Aksara.
Sudijono Anas, 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rjawali Pers.
Sudjana Nana, 2010. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R N D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suyanto dan Asep Jihad, 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Esensi erlangga group.
Supardi, 2013. Sekolah Efektif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Usman Uzer, 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
UU No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Yamin Martinis, 2012. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Referensi.
Yusuf Syamsu LN dan Nani M.Sugandhi, 2014. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.