TRADISI MITONI MASYARAKAT JAWA DI DESA BAGAN MELIBUR KECAMATAN MERBAU KECAMATAN MERBAU KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI
Keywords:
Tradisi, mitoni, budayaAbstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui proses pelaksanaan tradisi Mitoni pada masyarakat jawa di desa
Bagan Melibur, Kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif.
Subjek penelitian ini adalah masyarakat desa Bagan Melibur yang memiliki
pengetahuan mengenai tradisi mitoni jawa, pernah menyaksikan tradisi mitoni
secara langsung. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan
wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan
pelaksanaan acara mitoni yang sering dilakukan di desa Bagan Melibur
Kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti. Hasil dari penelitian
Tradisi Mitoni meliputi persiapan, upacara inti dan penutup. Proses persiapan
Tradisi Mitoni meliputi persiapan waktu pelaksanaan, persiapan tempat
pelaksanaan, dan persiapan peralatan. Kemudian acara inti meliputi acara
berzanji, sungkeman, siraman, rujakan dan sebagainya. yang terakhir adalah
penutup, dalam tradisi Mitoni di tutup dengan acara kendurian, yaitu
membagi-bagikan makanan kepada tetangga sekitar dan sanak keluarga
sebagai ucapan terima kasih atas doa yang diberikan.
References
Esten, Mursal. 1999. Kajian Transformasi Budaya. Bandung: Angkasa.
Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kartasapoetra, G dan Dra. Hartini. 1992. Kamus Sosiologi dan Kependudukan.
Bumi Aksara : Jakarta.
Mardimin, Johanes. 1994. Jangan Tangisi Tradisi. Yogyakarta: Kanisius
Koentjaraningrat, 1974. Kebudayaan Mentalitet dan Pembangunan. Jakarta:
Gramedia
Sutiyono. 2013. Poros Kebudayaan Jawa. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Imam Baihaqi. 2017.”Karakteristik Tradisi Mitoni di Jawa Tengah sebagai
Sebuah Sastra Lisan” Jurnal Arkhais, Vol. 08 No. 2 Juli-Desember.
Nurcahyanti, Desy. 2010. “Tafsir Tanda Penggunaan Busana dalam Upacara
Adat Mitoni di Putu Mangkunagaran Surakarta”. Jurnal Komunikasi
Massa 3 (2).