Implementasi Konsep Pendidikan Imam Al-Ghazali Dalam Membentuk Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Ibadurrahman Boarding School
Keywords:
Implementasi, Konsep Pendidikan Al-Ghazali, AkhlakAbstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Konsep Pendidikan Imam
Al-Ghazali Dalam Membentuk Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Ibadurrahman
Boarding School (IDBS) Pinggir Kabupaten Bengkalis, adapun tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui. 1) Untuk mengetahui Implementasi Konsep Pendidikan
Imam Al-Ghazali dalam Membentuk akhlak santri di Pondok Pesantren Ibadurrahman
Boarding School (IDBS) Pinggir Kabupaten Bengkalis, 2) Untuk mengetahui faktor
pendukung dan penghambat Implementasi konsep pendidikan imam Al-Ghazali dalam
Membentuk akhlak santri di Pondok Pesantren Ibadurrahman Boarding School (IDBS)
Pinggir Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Metode
pengumpulan data dengan menggunakan tekhnik wawancara, observasi dan
dokumentasi, adapun Informan dalam penelitian ini adalah Pembina Santriwan dan
Pembina Santriwati dan informan tambahan di yakni ketua pengasuhan dan salah
satu santri untuk mendukung informan dalam penelitian ini. Tekhnik analisis data:
reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data di uji
melalui trianggulasi sumber, tekhnik, dan waktu. Adapun hasil penelitian
Implementasi konsep pendidikan Imam Al Ghazali dalam membentuk ahklak santri di
Pondok Pesantren Ibadurrahman Boarding School Pinggir Kabupaten Bengkalis yang
telah diterapkan yakni: Membudayakan Akhlakul Karimah, Membaca Do’a (Do’a
bersama) dan baca Al-Qur’an, Shalat berjama’ah, Melakukan kegiatan peringatan
hari besar Islam (PHBI), Pemeriksaan Tentang Tata Tertib, hambatan dalam
menerapkan adalah latar belakang dan karakter bawaan sedangkan pendukung
dalam menerapkannya santri bisa dipantau 24 jam penuh.
References
A. Malik Fajar. (2009). Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Fajar Dunia
A. Mustofa. (2007). Akhlak Tasawuf. Bandung: Pustaka Setia
Abdul Mujib. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana
Abdullah Nashih Ulwan.( 2009). Pendidikan Anak dalam Islam, Jakarta:
Pustaka Amani
Agostiono. (2010). Implementasi Kebijakan Publik Model Van Meter dan Van
Horn, Jakarta: Rajawali Press
Ahmad Amin. (2005). Etika Ilmu Akhlak, Jakarta, Bulan Bintang
Ali Abdul Halim Mahmud. (2004). Akhlak Mulia. Jakarta: Gema Insani
Ali Al-Jumbulati. (2002). Perbandingan Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Asdi
Mahasatya
Asmal May. (2009). Akhlak Tasawuf. Fakultas Tarbiyah UIN susqa Riau
Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: Rineka Cipta
Syamsu Yusuf. (2004). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung:
Rosda Karya
Wiji Suwarno. (2006). Dasar-dasar Ilmu pendidikan. Jogjakarta: AR-RUZZ
Yasmadi. (2002). Modernisasi Pesantren, Kritik Nurcholish Madjid Terhadap
Pendidikan Islam Tradisional. Jakarta : Ciputat Press
Zahrudin dan Hasanuddin Sinaga. (2004). Pengantar Studi Akhlak, Jakarta:
PT. Raja Grafindo Persada