IMPLEMENTASI METODE STORYTELLING UNTUK MENANAMKAN NILAI KEJUJURAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Syaidah Syaidah SDN 007 Simpang Beringin Pelalawan
  • Afrizal B SDN 0O3 Lubuk Ogung

Keywords:

Bercerita, Kejujuran, Pendidikan Islam, Strategi, Peningkatan

Abstract

Kejujuran merupakan salah satu nilai fundamental dalam ajaran Islam yang perlu ditanamkan sejak dini, terutama dalam dunia pendidikan. Namun tantangan dalam membangun karakter jujur ​​pada siswa sekolah dasar masih menjadi perhatian, mengingat metode pembelajaran yang kurang interaktif dan kurang menarik bagi siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode storytelling dalam menanamkan nilai kejujuran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 007 Simpang Beringin Pelalawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi kegiatan pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mengidentifikasi efektivitas bercerita dalam menanamkan nilai kejujuran pada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita mempunyai dampak positif dalam meningkatkan pemahaman dan internalisasi nilai kejujuran pada siswa. Cerita yang disampaikan dalam pembelajaran PAI mampu menarik perhatian siswa, meningkatkan partisipasi mereka, serta membentuk kesadaran moral dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, siswa lebih mudah mengingat pesan moral dari cerita dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Namun penelitian ini juga menemukan beberapa kendala, seperti keterbatasan waktu dalam penyampaian cerita dan kurangnya keterampilan guru dalam bercerita secara efektif. Penelitian ini menegaskan bahwa bercerita merupakan metode yang efektif dalam pembelajaran PAI untuk menanamkan nilai kejujuran. Dengan dukungan dari sekolah, peningkatan keterampilan bercerita bagi guru, serta penggunaan media pendukung yang inovatif, bercerita dapat menjadi strategi yang lebih optimal dalam membangun karakter siswa sejak dini.

References

Amir Husin, Asmarika, Aulia Fitri, Wismanto, S. (2023). Pelatihan penyelenggaraan jenazah di masjid nurul haq kecamatan marpoyan damai kelurahan tangkerang barat kota pekanbaru. 4(3), 5656–5660.

Angel, A., Mutiara, A., Arya, A., Polem, A., & Nugraha, Beni Satria, W. (2024). Nilai-nilai Puasa dan Implikasinya terhadap Pendidikan Karakter. 723–731.

Asmarika, Amir Husin, Syukri, Wismanto, R. (2022). Mengasah Kemampuan softskills dan hardskills calon guru SD/MI pada metode microteaching melalui pengembangan media visual mahasiswa PGMI UMRI. Jurnal Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 11, 282–300.

Asror, F. M., Janah, F., & Nafi’ah, Eriza Choirotin, W. (2021). Kewajiban dan Karakteristik Belajar Mengajar Ala Rasulullah (Perspektif Hadis). Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 187. https://doi.org/10.32832/tawazun.v14i2.4982

Azima, N., Dewi, G. K., Amalia, S., Cornellya, I., & Wismanto, W. (2024). Kemampuan Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Sederhana Sebagai Sumber Belajar. 1(2).

Bila, S., Nada, K., Novita, N., Hafizah, N., Wismanto, W., & Azzahra, N. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Akhlak Siswa Madrasah Ibtidayah. 2, 266–275.

Dewianti, A. F., Gimri, F. D., & Nandiani, Elsa Marfina, W. (2024). Analisis Urgensi Pendidikan Akhlak Berkarakter Dalam Membangun Keluarga Bahagia. 3, 154–167.

Elbina Saidah Mamla, W. (2021). Tafsir Maudhu’i Tentang Konsep Pendidikan Karakter Jujur Dalam al-Qur’an. At-Thullab, 1(2), 16.

Fadhly, M., Alif, M., Aziz, A., & Sagara, Bayu, W. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Sederhana Berbasis Digital Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. 1(3).

Junaidi, Andisyah Putra, Asmarika, Wismanto, R. syafitri. (n.d.). Pola Komunikasi Guru dengan Peserta Didik dalam. 4(3), 1162–1168.

Kasus, S., Ibnu, M. I., Pekanbaru, A., Almahda, S., Wismanto, W., & Fithri, R. (2024). Penerapan Konsep Guru Profesional Dalam Penanaman Akhlak Siswa Pada Surat Ali Imran Ayat 159 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah , Universitas Muhammadiyah Riau , Indonesia. 2(5).

Mardianto, K., Yuliandari, S., Rahmawati, L., & Lestari, Indah, W. (2024). Implementasi Metode Pendidikan Akhlak Anak dalam Lingkungan Keluarga untuk Menciptakan Karakter dan Membentuk Generasi yang Berkualitas. 749–757.

Marzuenda, Asmarika, Deprizon, Wismanto, R. S. (2022). STRATEGI GURU PAI DALAMMENGATASI PERILAKU BULLYING DI MI AL – BAROKAH PEKANBARU. 11, 204–226.

Naila Hafizah, Wardah Yuni Artika, Sri Mei Ulfani, Ratih Kumala Sari, W. (2024). Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik. Repository.Uinsaizu.Ac.Id, 5(2), 29–42. http://repository.uinsaizu.ac.id/3872/2/COVER_BAB I_BABV_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Pebrianti, Febby, wismanto dkk. (2019). Kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran sederhana. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 4(2), 93–98. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba

Puja hayati, Hafifa, Fajri Massaid, Elvita sarah azzahra, W. (2024). Analisis Bentuk Akhlak Kepada Teman dan Tetangga Berdasarkan. 2(3).

Putri Octaviani. (2024). Penggunaan Metode Story Telling Guru Sekolah Minggu Dalam Pemahaman Alkitab Pada Anak usia 3-6 Tahun. Coram Mundo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 6(1), 265–277. https://doi.org/10.55606/corammundo.v6i1.305

Sari, M., & Haris, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Karakter dan Etika Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Islamic Education Journal, 1(1), 54–71. https://ejournal.stai-alkifayahriau.ac.id/index.php/almujahadah/article/view/230/48

Sari, R. K., Ulfani, S. M., Lestari, A., Hasanah, D. P., & Wismanto. (2024). Kesempurnaan Akhlak Dan Pribadi Nabi Muhammad Rasulullah Sallallahu ’ alaihi Wasallam Muhammad penelitian ini dilakukan . Dengan menggali berbagai dimensi sosial keagamaan. 2, 253–265.

Shara Dalimunthe, D., Pohan, I., & Islam Negeri Syeh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, U. (2023). Transformasi Pendidikan Agama Islam: Memperkuat Nilai-nilai Spiritual, Etika, dan Pemahaman Keislaman dalam Konteks Modern. 1(1).

Syukri, Abdul Rouf, Wismanto, K. Amin. R. Q. (2023). Manajemen kepala Madrasah Ibtidaiyah dalam menumbuhkan pendidikan karakter religius pada era digital. Jurnal on Education, 6(1), 13. https://doi.org/10.29210/146300

Umami, A., Khairinnisa, R., Prayoga, I., & Wismanto. (2024). Analisis Kemampuan Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran Sederhana. 2, 225–231.

Windi Alya Ramadhani , Nurul Aini, Zahara Tulhusni, Wismanto, S. fakhlef. (2024). Dampak Perhatian Orang Tua Terhadap Perkembangan Akhlak Anak. 2, 276–289.

Wismanto. (n.d.). Urgensi Guru PAI Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Era Disrupsi-Parafrase.

Wismanto, Saputra, M. R., Sabila, T. A., & Hakim, A. L. (2024). Membentuk Kepribadian Muslim Peserta Didik Melalui Pendidikan Berbasis Akhlak. 3(1).

Wismanto, W., Marni, S., Azhari, MW, & Sukmawati, E. (2024). Penguatan Bahasa Cinta dalam Proses Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 7(01), 1–10.

Yusnila Sinaga, D., Habibih Hasibuan, S., Habibah Sembiring, E., & Artikel, S. (2022). JURNAL ILMIAH MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO TARBAWI: JOURNAL ON ISLAMIC EDUCATION Url: http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/tarbawi IMPLEMENTASI METODE CERITA ISLAMI DALAM PENANAMAN MORAL KEAGAMAAN. In Journal on Islamic Education (Vol. 5, Issue 2). http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/tarbawi

Zaky raihan, Dinda putri hasanah, Wardah yuni kartika, Lidyazanti, W. (2024). Dampak Media Sosial Terhadap Akhlak Di Era Globalisasi. 2, 301–315.

Downloads

Published

2024-12-20

Issue

Section

Article

Categories