PENDIDIKAN ISLAM DI INGGRIS MENELUSURI EKSISTENSI DAN DINAMIKA PENDIDIKAN ISLAM INGGRIS

Authors

  • Bambang Supriadi Institut Agama Islam Likman Edy Pekanbaru

Keywords:

Pendidkan Islam, Inggris

Abstract

Fokus penelitian artikel ini adalah tentang sistem pendidikan Islam di Ingggris, data dikumpulkan melalui teknik dokumen dengan sumber data berbagai literatur, baik jurnal, buku ataupun literatur  yang relevan dengan pokok pembahasan. Diantara negara yang populasi penduduknya sebagian kecil muslim adalah negara Inggris. Oleh karena itu, bagaimana eksistensi dan sistem pendidikan Islam di Inggris akan dibahas dalam makalah ini. Semoga pembahasan ini menambah wawasan kita dalam hal perbandingan pendidikan Islam, untuk itu dalam jurnal ini penulis akan membahas dan mengembangkan pendidikan Islam di Inggris yang meliputi bentuk dan sistem pembaruan di Inggris

References

Abdullah, Amin. Studi Agama: Normativitas atau Historisitas?. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Arifin, H. M. Ilmu Perbandingan Pendidikan. Jakarta: Golden Terayon Press, 2003.

Daulay, Haidar Putra dan Nurgaya Pasa, Rihlah Tarbiyah: Nilai-Nilai Pendidikan dari Pengalaman Perjalanan ke Manca Negara. Medan: IAIN Press, 2014.

Dwyer, C., & Meyer, A, The institutionalisation of Islam in the Netherlands and in the UK: the case of Islamic schools. Journal of Ethnic and Migration Studies, 21(1). 1995.

Good, H. G. A History Of Western Education. New York: The Macmillan Company, 1963.

Hilgendorf, E, Islamic education: History and tendency. Peabody Journal of Education, 78(2), 2003.

I.N. Thut & Don Adams, Pola-pola Pendidikan dalam Masyarakat Kontemporer, alih bahasa SPA Teamwork. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Ismail Suardi Wekke Dan Ambo Tang, Kultur Pendidikan Islam Di Minoritas Muslim Inggris. UIN Sunan Kalijaga, jurnal Thaqãfiyyãt, Vol. 17, No.1, Juni 2016.

Makdisi, G, The Rise of Colleges. Institutions of Learning in Islam and the West. New York: Columbia University Press, 1981.

Mandaville, P, Islamic education in Britain: Approaches to religious knowledge in a pluralistic society. Schooling Islam: the culture and politics of modern Muslim education, 2007.

Nur, Agustiar Syah. Perbandingan Sistem Pendidikan 15 Negara. Bandung: Lubuk Agung, 2001.

Soelaiman, T. A. Fauzi. Sistem Pendidikan di Inggris. London: Kantor Atase Pendidikan, Kedutaan Besar Republik Indonesia, 2014.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 37 Tahun 2012 Tentang Organisasi dan Tata Kelola Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 17 Tahun 2017 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada TK, SD SMP, SMA, SMK atau yang Sederajat.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Pendidikan Agama Pada Sekolah.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Keagamaan Islam.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2014 Tentang Satuan Pendidikan Muadalah Pada Pondok Pesantren.

Downloads

Published

2024-07-01

Issue

Section

Article

Categories