PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH AL-MA’ARIF HIDAYATUL MUBTADI’IN ROKAN HULU

Authors

  • Syukri Syukri STAI Diniyah Pekanbaru

Keywords:

Aqidah Akhlak, Pembelajaran Discovery Learning

Abstract

Peneliti yang didasari oleh prosedur pembelajaran Discovery Learning yang belum optimal yang dilakukan oleh pendidik serta hambatan yang menyangkut hal tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan cara pendidikan Aqidah Akhlak dalam penerapan strategi pembelajaran Discory Learning pada pelajaran pendidikan Aqidah Akhlak kelas VIII di MTs Ma’arif Hidayatul Mubtadiin Rokan Hulu. Permasalahan ini diteliti dengan menggunakan Metode Penelitian Kualitatif yang ditujukan supaya dapat menjelaskan dan mengenalisis kejadian-kejadian, kegiatan sosial, tindakan, keyakinan, pola pikir seorang baik secara individu maupun kelompok dengan jenis penelitian lapangan. Data dikumpulkan berdasarkan teknik observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Bedasarkan Hasil temuan penelitian yang penulis lakukan menunjukkan hasil bahwa: penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran AA belum sepenuhnya memuaskan dan memiliki kekurangan-kekurangan. Ada enam langkah-langkah model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran AA yaitu : Stimulasi / Pemberian rangsangan, pernyataan atau indentifikasi masalah, pengumpulan data, pengelolaan data, pembuktian, terakhir kesimpulan. Hal-hal tersebut belum sepenuhmnya dilakukan oleh peserta dengan baik sesuai yang diharapkan. Hambatan yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan model discovery learning dalam pembelajaran Aqidah Akhlak diantaranya : kurangnya motivasi belajar bagi peserta didik, kurangnya keaktifan belajar peserta didik, kurangnya kedisplinan peserta didik dan alokasi waktu dan jam pembelajaran yang relatif singkat.

References

Abdillah Hidayat Rahmat. 2019. Ilmu Pendidikan Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Afandi Muhamad, dkk. 2013. Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang: unissula press

Agustina Titin. 2020. Pengembangan Hots dengan Model Discovery Learning 3R (Reduce, Reuse, Recycle). CV. Cipta Media Edukasi.

Alfitry Shilfia. 2020. Model Discovery Learning dan Pemberian Motivasi dalam Pembelajaran. Guepedia

Handajani Budi. 2020. Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Dalam Pembelajaran Matematikan SMP. Cilacap : CV.

Adanu Abimata. Helmiati. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Munirah. 2020. Menjadi Guru Beretika dan Profesional. Gorontalo: CV. Insan Cendekia Mandiri.

Sahrani Sohari, Aat Syafaat. 2018 Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Kenakalan Remaja. Jakarta: Rajawali Press

Salmiwati. 2019. “Konsep Belajar dalam Prespektif Pendidikan Islam”. Muraby: Jurnal Pendidikan Islam. Vol.2. No.1.

Suparni Asih Sri. 2021. Discovery Learning Dalam Pembelajaran Lintas Minat Di MTA Rokan Hulu.

Suriansyah Ahmad,dkk. 2015. Profesi Kependidikan “Prespektif Guru Profesional,Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Surya. 2004. Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy Syafrin

Yulia, Muhiddinur Kamal, Arifmiboy, Arman Husni. 2023. Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Educativo: Jurnal Pendidikan. Vol. 2. No. 1.

Downloads

Published

2024-07-01

Issue

Section

Article

Categories