PEMANFAATAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MASYARAKAT MULTIKULTURAL

Authors

  • Abd Rauf
  • Bukari Bukari

Keywords:

Masyarakat

Abstract

Pendidikan agama Islam pada sekelompok masyarakat memang paling utama. Dengan jalan pendidikan juga pengajaran bergejolak kepada sopan santun yang bagus. Pengajaran agama tidak sekedar ritual-ritual saja namun bisa kearah aktualisasi pengajaran dan nilai-nilai agama pada perjalanan setiap harinya. Penulisan artikel ini mempunyai tujuan agar bisa mengerti dan membahas perkembangan pendidikan agama Islam pada masyarakat. Sistem penulisan ini yaitu kajian kepustakaan melalui pendekatan deskriptif atau eksploratif. Bisa diberi dengan kesimpulan yaitu perkembangan atau pemberian hasil pendidikan agama Islam dalam masyarakat untuk mengupayakan agar bisa menaikkan kualitas-kualitas ketakwaan atau kepercayaan diantaranya 1) pendidikan keyakinan, 2) pendidikan pengabdian kepada maha kuasa agar bisa diamalkan untuk para remaja dalam menciptakan masa depannya yang lebih istiqomah dalam menjalankan peribadahan diantaranya shalat lima waktu dan shalat-shalat sunat, puasa wajib dan puasa sunat, membaca dan saling menyimak kitab suci alloh swt, dan 3) pendidikan sopan santun antar sesama.

References

Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan 1, September. Aswaja Pressindo, Yogyakarta.

Abrasy, Muhammad Athiya. (1991). Dasar-dasar Pendidikan Islam. Pusat Studi Ilmu dan Amal, Ponorogo.

Abudin, Nata. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. Prenada media Group, Jakarta.

Daradjat, Zakiah. (1992). Ilmu Pendidikan Islam. Bumi Aksara, Jakarta.

Djaelani, Moh Solikodin. (2013). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga dan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Widya 1, no.1.

Gulo, W. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Hidayati, W. (1998). Pendidikan Anak-anak Kaum Dhuafa’ Di Lembaga Gajah Wong, Pusat Penelitian IAIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Izzah, Ismiatul, (2018). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Masyarakat Madani. Pedagogik: Jurnal Pendidikan 5, no. 1, 30 Juni 2018.

Malik, fajar. (2005). Holistika Pemikiran Pendidikan. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Munjiat, Siti Maryam. (2018). Peran Agama Islam Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Usia Remaja, Al-Tarbawi Al-haditsah: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1, 03 Agustus 2018.

Nasir. (1993). Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Nasution, S. (2000). Metode Research, Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhidayati, Titin. (2016). Inovasi Pembelajaran PAI Berbasis Multiple Intellegences. Journal Of Islamic Education Studies 3, no. 1, 07 February 2016.

Rahman, Abdul. (2012). Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Islam Tinjauan Epistemologi Dan Isi Materi. Jurnal Eksis 8, no.1.

Ratna, N. K. (2010). Metodologi Penelitian; Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Subur, S. (2016). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Perkembangan Jiwa Remaja. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Published

2022-12-15

Issue

Section

Article

Categories