RANAH HASIL BELAJAR DALAM PANDANGAN IBN MASKAWAIH

Authors

  • Kadri MTsN 1 Pelalawan

Keywords:

Ranah Hasil belajar, Taksonomi, Ibnu Maskawaih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang aspek-aspek kejiwaan yang menjadi orientasi pendidikan menurut Ibn Maskawaih. Selain dari itu, juga untuk mengetahui apa persamaan dan perbedaan aspek-aspek kejiwaan yang dikemukakan oleh Ibn Maskawaih dengan ranah hasil belajar yang dikemukakan oleh Benjamin S. Bloom. Penelitian ini merupakan penelitian perpustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa manusia terdiri dari dua unsur, yakni fisik dan psikis. Unsur fisik adalah pelaksana tingkah laku seseorang seperti perbuatan dan gerakan fisik. Gerakan-gerakan yang muncul dari unsur fisik ini ditentukan oleh unsur psikis. Sedangkan unsur psikis terdiri dari tiga unsur, yakni pertama, Aspek rasional atau potensi rasional (al-quwwah al-nathiqah) yang ini berpusat di otak; kedua, Aspek emosi atau potensi emosi (al-quwwah al-ghadhabīyah) yang berpusat di jantung; dan ketiga, Aspek hasrat atau al-nafs al-syahwīyah yang berpusat di hati.

References

Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007.

Bobbi DePorter & Mike Hernacki, Quantum Learning: membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan, penerjemah, Alwiyah Abdurrahman – Ed. 1, Cet. 23 – Bandung: Kaifa, 2006

H. Abuddin Nata, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, - Ed. 1. Cet. 3. – Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2003.

H. M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam; Tinjauan Teoretis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Ed. Revisi, Cet. 2 – Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2006.

Ibn Maskawaih, Tahdzīb al-Akhlāq; Menuju Kesempurnaan Akhlak, Buku Daras Pertama tentang Filsafat Akhlak, Cet. IV, Bandung: Mizan, 1998

Mohammad Nazir, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1998.

Suwito dan Fauzan, Sejarah Pemikiran Para Tokoh Pendidikan, - Cet. 1 – Bandung: Angkasa, 2003

Umar Muhammad al-Toumy al-Syaibani, Filsafat Pendidikan Islam, penerjemah: Hasan Langgulung – Cet. 1 – Jakarta: Bulan Bintang, 1979.

Published

2023-07-01

Issue

Section

Article

Categories