Al-Ghazali AL GHAZALI : PEMIKIRAN TENTANG ILMU DAN PENDIDIKAN DARI PERSPEKTIF AKHLAK DAN ESOTERIS
Keywords:
Ilmu Pendidikan, Akhlak, EsoterisAbstract
Pendidikan merupakan komponen penting dalam kehidupan. Hal ini menjadi pembahasan para ulama tak terkecuali Imam al Ghazali. Untuk itu, penelitian ini membahas ilmu dan pendidikan perspektif al Ghazali dari sisi akhlak dan esoteri. Hasil penelitian ini adalah bahwa ilmu dan pendidikan menurut al Ghazali menekankan pada Taqarrub Ilallah. Menurutnya pengertian dan tujuan ilmu dan pendidikan yaitu berupaya dan bertujuan dalam proses pembentukan insan paripurna. Adapun dalam membuat sebuah kurikulum, al Ghazali memiliki dua kecenderungan, yaitu kecenderungan terhadap agama dan kecenderungan pragmatis. Adapun aspek-aspek materi pendidikan Islam menurut pemikiran al Ghazali adalah meliputi : pendidikan keimanan, akhlak, akal, sosial dan jasmani. Menurutnya guru yang baik itu selain cerdas dan sempurna akalnya, juga harus memiliki sifat-sifat yang terpuji. Adapun sifat yang harus dimiliki oleh seorang murid yaitu rendah hati, mensucikan diri dari segala keburukan taat dan istiqamah. Sementara yang menjadi evaluasi pendidikan adalah semua bentuk aktifitas yang terkait dengan tugas tanggung jawabnya masing-masing dalam proses pendidikan.
References
Poerwantana, dkk., Seluk Beluk Filsafat Islam, (Bandung : CV. Rosda Karya Karya, 1988),
Yunasril Ali, Perkembangan Pemikiran Filsafat dalam Islam, (Jakarta : Bumi Aksara, 1991),
Endang Daruni Asdi & A. Husnan Aksa, Filsuf-Filsuf Dunia dalam Gambar, (Yogyakarta :Karya Kencana, Cet. I, 1981),
Saeful Anwar, Filsafat Ilmu Al-Ghazali Demensi Ontologi dan Aksiologi, (Bandung : CV. Pustaka Setia, 2007),
Ibnu Rusyd, Tahafut al-Tahafut, (Bairut : Dar al-Fikr al-Lubnani, 1993),
Ibn Hazm, Ali Ibn Ahmad, Al-Ihkam fiUsul al-Ahkam,(Bairut:Dar Al-Kutub al-Ilmiyah,jld.I),
Al-Juwaini, Al-Irsyad, (Mesir : Matba’ah al-Madani, 1983),
Ja’far Al-Sahbani, Nazariyyat al-Ma’rifah (Bairut : al-Dar Al-Islamiyah, 1990),
Al-Ghazali , al-Mustofa min Ilm al-Usul, (Bairut : Dar al-Fikr, jld. I),
Amie Primarni dan Khairunnas, Pendidikan Holistik ; Format Baru Pendidikan Islam Membentuk Karakter Paripurna, (Jakarta: AMP Press, PT Al Mawardi Prima, 2016), Cet. Ke-2,
Hamdani Ihsan dan Fuad Ihsan, Filsafat Pendidikan Ilsam, (Bandung: CV Pustaka Srtia),
Abdurrahman Muhammad Sa`id Dimasyqiyah, (2003), al Ghazali Aqidahnya dan Tasaufnya,
Abu Fajar al Qalami (2003), Ringkasan Kitab Ihya` `Ulumiddin, Surabaya : Gitamedia Press,
Ali Al Jumbulati, Perbandingan Pendidikan Islam,(Jakarta: PT Renika Cipta),
Hamdani Ihsan dan Fuad Ihsan, Filsafat Pendidikan Ilsam, (Bandung: CV Pustaka Srtia),
Ramayulis, Filsafat PendidikanIslam, (Jakarta Kalam Mulia),
Fathiyyah Hasan Sulaiman, Alam Pikiran Al Ghazali Mengenai Pendidikan dan Ilmu, (Bandung : CV Diponegoro, 1986), Cet. Ke-1,
Abuddin Nata, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, (Jakata : PT Raja Grafindo Persada, 2000), Cet. Ke-1,
Amie Primarni dan Khairunnas, Pendidikan Holistik Formata Baru Pendidikan Islam Membentuk Karakter paripurna,( Jakarta AMP Press, PT Al Mawardi Prima),
Fathiyyah Hasan Sulaiman, Alam Pikiran Al Ghazali Mengenai Pendidikan dan Ilmu ,(Bandung: CV Diponogoro),
Muzayyin Arifin, Filsafat PendidikanIslam, (Jakarta: PT Bumi Aksara)
Abuddin Nata, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, (Jakata : PT Raja Grafindo Persada, 2000), Cet. Ke-1